Hubungan Efektivitas Diskusi Tutorial dan Strategi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman /
Muhammad Fakhrul Rhiflye
text
Samarinda : Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman,
2025
Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan contoh
kasus atau skenario untuk merangsang mahasiswa berfikir kritis serta memberikan
pengalaman yang nyata kepada mahasiswa. Partisipasi aktif mahasiswa merupakan
salah satu faktor yang menentukan keefektivitasan diskusi tutorial. Aktif atau tidaknya
mahasiswa saat diskusi dipengaruhi oleh kesiapan dan strategi belajar mahasiswa.
Strategi belajar merupakan pendekatan pribadi yang berbeda-beda dari setiap
mahasiswa yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan
efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas diskusi tutorial
dan strategi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas
Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan metode
observasional analitik, pengumpulan data primer melalui kuesioner dan sekunder
berupa nilai DPNA mahasiswa. Analisis bivariat dengan uji Spearman Rank. Penelitian
menunjukkan bahwa efektivitas diskusi tutorial mahasiswa Program Studi Kedokteran
Gigi Universitas Mulawarman sudah berjalan efektif (94,4%), tingkat strategi belajar
terbanyak yaitu sedang (72,9%) dan hasil belajar terbanyak yaitu kategori A (41%).
Hubungan efektivitas diskusi tutorial dengan hasil belajar didapatkan p=0,020;
r=0,194*, sedangkan strategi belajar dengan hasil belajar didapatkan hasil p=0,004;
r=0,239*. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efektivitas diskusi tutorial dan
strategi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.
Diskusi Tutorial, Strategi Belajar, Hasil Belajar