na INLIS000000000004285 20250325091003 0010-0325000041 Hubungan Efektivitas Diskusi Tutorial dan Strategi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman / Muhammad Fakhrul Rhiflye Muhammad Fakhrul Rhiflye xviii,58 hlm : Ilustrasi ; 29 cm Samarinda : Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, 2025 SKR MUH h 2025 Diskusi Tutorial, Strategi Belajar, Hasil Belajar Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan contoh kasus atau skenario untuk merangsang mahasiswa berfikir kritis serta memberikan pengalaman yang nyata kepada mahasiswa. Partisipasi aktif mahasiswa merupakan salah satu faktor yang menentukan keefektivitasan diskusi tutorial. Aktif atau tidaknya mahasiswa saat diskusi dipengaruhi oleh kesiapan dan strategi belajar mahasiswa. Strategi belajar merupakan pendekatan pribadi yang berbeda-beda dari setiap mahasiswa yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas diskusi tutorial dan strategi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik, pengumpulan data primer melalui kuesioner dan sekunder berupa nilai DPNA mahasiswa. Analisis bivariat dengan uji Spearman Rank. Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas diskusi tutorial mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Mulawarman sudah berjalan efektif (94,4%), tingkat strategi belajar terbanyak yaitu sedang (72,9%) dan hasil belajar terbanyak yaitu kategori A (41%). Hubungan efektivitas diskusi tutorial dengan hasil belajar didapatkan p=0,020; r=0,194*, sedangkan strategi belajar dengan hasil belajar didapatkan hasil p=0,004; r=0,239*. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efektivitas diskusi tutorial dan strategi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. 102/SKR/FKG/2025